Dokter Sp.OG recommended!

Namanya dokter kandungan alias SpOG, pasti cocok-cocokkan yaa...Tergantung kepentingan dan kebutuhan kita juga sih. Buat saya pribadi, nyari SpOG di Jogja lumayan bikin pusing. Pilihannya banyak, tapi jarang yang sreg di hati.

Saat pertama kali hamil, PR saya adalah nyari SpOG dengan track record bagus dan punya tempat praktek yang dekat dari rumah saya. Karena saya tau, mood saya akan naik turun saat hamil, jadi akan lebih baik jika tidak berkendara terlalu lama.

Kriteria selanjutnya adalah performa Sang SpOG. Saya butuh sekali dokter yang komunikatif (karna saya tipe pasien yang banyak sekali bertanya).

Pengennya lagi sih, SpOG yang jadwal prakteknya tiap hari dan di satu tempat aja, biar gampang kalo sewaktu-waktu mau periksa. Tapi apalah daya, yang demikian itu gak ada. Kebanyakan SpOG pasti punya jadwal praktek di beberapa Rumah Sakit atau klinik yang berbeda. Sehingga waktu merekapun jadi terbagi-bagi disini dan disana.

Sampe dengan saat ini, saya sudah berkonsultasi dengan 4 dokter.

1. Dr. Supriyatiningsih (Dr. Upik) , M.Kes., Sp.OG. (RSKIA Sadewa)

  • Beliau adalah SpOG saya saat hamil Elkhaira. Review tentang beliau semua baik, lagi pula beliau ini adalah dokter rekomendasi kakak saya. Jadi waktu itu gak pake pikir panjang saya langsung milih untuk periksa sama beliau di RSKIA Sadewa.
  • Dokternya tegas tapi enak diajak ngobrol. Beliau ngejawab apapun yang saya tanyakan dengan jelas. Bahkan sampai akhir beliau masih nanya 'ada yang mau ditanyakan lagi,bu?'. Jadinya tiap kali periksa kitanya puas, walaupun buat saya sesi periksanya terlalu singkat (cuma 10-15mnt)
  • Buat saya, Dr.Upik termasuk dokter yang aware ya sama pasiennya. Beliau lho ngasih nomor hape ke pasien, jadinya kita bisa konsultasi kapan aja. Trus pengalaman saya nih ya, pas selesei sesi tanya jawab bisa-bisanya beliau nyeletuk (sambil nulis resep obat), 'bu, kukunya dipotong yaa...ibu hamil ga boleh punya kuku panjang'. Kwkwkwk....sampe rumah langsung potong kuku sampe gundul. 
  • Beliau juga SpOG yang menangani kuretase saya. Alhamdulillah pasca kuret ga ada masalah sama sekali.
  • Tapiii, untuk kehamilan kedua saya memutuskan untuk pindah ke dokter lain. Gosipnya Dr.Upik praktek dibeberapa tempat, kalo ga salah di PKU, AMC, Happyland, dan Sadewa, plusss masih jadi dosen pengajar. Jadi jadwal beliau super padat. Sedangkan jadwalnya di Sadewa selalu malam hari (dari awal memang saya memilih RSKIA sebagai tempat periksa, jaraknya lumayan dekat, fasilitas memadai dengan harga yang terjangkau). Padahal pasien beliau banyaknya luar biasa. Saya ga sanggup deh ngantrinya..
2. Dr. Yasmini Fitriyati Sp.OG (RSKIA Sadewa)
  • Beliau adalah Sp.OG pilihan saya untuk persalinan nanti. Track recordnya bagus untuk persalinan, banyak yang bilang Dr. Yasmin ini sabar banget pas nangani persalinan. 
  • Pertama kali periksa dengan beliau waktu usia kandungan 6w dan 10w, selanjutnya untuk konsul rutin, sengaja saya gak sama beliau. Beliau bukan tipe dokter yang aktif bicara, jadi kalo ga ditanya ya beliau ga ngomong apa-apa. Ini yang bikin saya memilih untuk konsul dengan dokter lain. Secara yaa..awal-awal hamil pasti banyak banget pertanyaan yang berseliweran. Apalagi dengan riwayat keguguran seperti saya.
  • Lagian, pasien beliau juga banyaaakkk banget. Apalagi kalo periksa dijadwal malam dan kita dapet nomor antrian besar, bisa-bisa pulangnya subuh (ini serius). Jadi mending milih periksa dijadwal yang siang. Pol mentok antrinya sampe tengah malem.
  • Rencananya, memasuki uk 28w, baru saya akan mulai konsul  rutin dengan beliau. Soalnya antisipasi untuk persalinan nanti, paling tidak beliau punya rekam medis saya selama 2-3 bulan terakhir sebelum persalinan.
  • Kalo ga salah sih, beliau praktek di tiga tempat, Sadewa, JIH, dan Hermina.

3. Dr. Enny S Pamuji,  Sp.OG (Praktek pribadi di jl.solo)
  • Beliau adalah Sp.OG saya untuk konsultasi rutin. Tau ttg dokter ini ya dari hasil review-review di internet. Googling sana sini ketemulah alamat tempat praktek beliau di Jl. Solo seberang Hotel Sheraton. Cocok! Deket dari rumah saya :)
  • Pertama kali konsul dengan beliau waktu uk.8w, 12w, setelah itu jadi rutin sebulan sekali, dan terakhir di uk.25w.
  • Sejak awal saya langsung jatuh cinta dengan beliau! Dr. Enny ini orangnya komunikatif banget. Belum sempet nanya apa-apa, udah dijelasin aja sama beliau. Trus sesi USGnya juga lama, kalo dedeknya uda agak gedean ntar dijelasin tuh ini badannya, ini kepalanya, ini perutnya, organ-organ dalemnya. Pokoknya puas!
  • Beliau juga tipe Dokter yang punya banyak pantangan buat pasiennya. Dari pertama periksa dengan beliau, saya langsung dikasih daftar pantangan :
- Ga boleh kena segala sesuatu yang mengandung antibakteri (sabun, hand sanitizer), - Ga boleh makan jahe, tuna, kerang, rempelo hati, sayur mentah, dan segala sesuatu yang dibakar,
- Ga bole make pembersih kewanitaan dan skincare yang mengandung pemutih,
- No anti nyamuk baik yang spray maupun elektrik,
- Batasi konsumsi ikan laut, kopi, teh
Apa lagi yaa...ya pokoknya gitu deh. Saya justru suka dengan Dokter yang banyak pantangan begini, karna -paling tidak- dia sudah meminimalisir resiko-resiko yang mungkin akan muncul.
  • Pokoknya periksa di Dr Enny ini In Syaa Allah puass! Ngantrinya juga masih bisa toleransi. 
  • Setau saya, beliau praktek JIH dan di rumahnya sendiri ( jl.solo, seberang Hotel Sheraton.). Ohya...untuk pendaftaran di rumahnya sendiri kita harus daftar 2 minggu sebelumnya, via telpon dimulai dari antrian 7 dst, sedangkan no.antrian 1-6 buat pasien yang datang duluan. Cukup adil kan ya? :)

4. Dr. E. Phyowai Ganap (Klinik Indira, Jakal km.9)
  • Ini dokter yang saya datengin khusus buat USG 4D. Berawal karna di Sadewa ga bisa USG 4D, searchinglah saya kemana-mana di Jogja ini, dan ketemu yang paling hemat jaraknya mayan deket dari rumah saya ya di klinik beliau :p Ntar deh, buat USG 4D di Jogja saya ceritain dipostingan sendiri.
  • Beliau punya klinik sendiri di Jakal km.9, namanya Klinik Indira. Biaya sekali USG 4D nya 285rb (all include jasa dokter, printout foto usg 1lbr). Kalo mau nyimpen videonya bisa bawa flashdisk sendiri, trus kalo mau nambah printout foto usg cuma 5rb/lbr. 
  • Dr. Phyo sendiri TOP BGT! Enak diajak ngobrol, banyak becanda, ngejelasinnya 11-12 detailnya kayak Dr.Enny. Ini Dokter gak pelit waktu buat pasien. Walaupun di luar pasiennya numpuk, diakhir sesi beliau tetep aja nanya 'ada lagi yang mau ditanyakan , Mba Dewi?'
  • Waktu itu saya dan suami dateng ke Klinik beliau pas uk.28w4d, sayangnya Si Dedek ngumpetin mukanya dibalik ari-ari. Jadinya ga kliatan deh. Tapi walaupun begitu, Dr.Phyo masih mau nunggu Si Dedek pindah posisi sambil beliau ngecek organ-organ lain. Uda lewat 30 menitan, Dedeknya ga pindah-pindah malah ndangak (duh, ini bahasa indonesianya apa ya?hehe). Sempet ngintip sebentar sih tapi trus sembunyi lagi. Yaudah, akhirnya Dr. Phyo nyaranin buat balik lagi 2 minggu lagi. Walaupun gagal dapet foto 4D Si Dedek, saya dan suami seneng banget bisa ketemu dengan Dokter yang super ramah ini. 
  • Tempat prakteknya dimana aja saya kurang tau, yang jelas nama beliau ada di daftar dokter Sp.OG Sadewa, tapi tidak melayani konsultasi, hanya melayani tindakan persalinan atau SC aja. Jadi kalo mau konsul mending ke kliniknya langsung. Senin-Kamis dan Jumat-Sabtu dengan perjanjian, khusus USG 4D hanya dilayani hari Jumat. 
  • Pendaftarannya bisa dilakukan seminggu sebelum hari H, via telpon. Tapi itu untuk daftar aja lho ya, nomor antrian nya nanti dikasih pas nimbang dan ukur tensi. Jadi kalo mau dapet antrian kecil ya harus cepet-cepetan dateng yaa...


Nah, itu deh 4 Dokter Sp.OG di Jogja yang pernah saya datengin. In Syaa Allah semuanya recommended! :)












    Februari 20, 2016

    3 komentar:

    1. Mbaakk.. mau tanya untuk sekali periksa+usg ke dokter enny berapa ya kira2? Nanti dpt print usg nya juga ?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Untuk masalah biaya saya ndak paham mbak,,, :D
        semoga sehat kandungannya

        Hapus