Akhirnya melahirkan di RS JIH Jogja (part 1)

Good morning.....

Akhirnya bisa nulis lagi, setelah sekian lama tak bersua pasca melahirkan :)

-----------------------------

Kisah perjalanan melahirkan anak pertama....

Ceritanya panjang nih akhirnya aku melahirkan via SC.
Sejak awal aku nggak pernah terbayang mau melahirkan SC karena selama periksa kehamilan secara rutin 9 bulan nggak pernah ada indikasi SC.

Aku SC di usia kehamilan 39 minggu setelah alami flek penipisan serviks menuju bukaan 1 (satu). Tiga minggu terakhir kontrol kehamilan, kondisi kepala janin udah mapan masuk panggul, cuma berat badan janin mentok di sekitar 2350 gram. Memang kata dokter rahimku udah penuh dengan badan janin. Meski perut janin ga nambah gemuk juga.... so far saat itu dokter ga pernah ada kesan kemungkinan melahirkan SC karena kondisi janin juga baik, detak jantung dll normal. Dugaannya memang bawaan janin lahir kecil karena juga saya ibunya riwayat lahir sehat 2,3 kg :))

Saat menginjak kehamilan 9 bulan aku rutin kontrol dengan Dr. Detty di Sardjito, cuma saat uk 38 minggu jadwalnya kontrol, beliau pas berhalangan ada dinas keluar kota jadi aku periksa kandungan ke JIH dengan dr. Mitta Prana (sedianya antri Dr. Enny tapi dapet nomer 40, kesorean kalo lanjut nunggu karna dah ke JIH dari jam 8 pagi).

Hasil kontrol terakhir ternyata air ketuban udah sedikit. Trus Dr. Mitta merujuk ke obgyn buat ngecek kondisi janin via NST , alhamdulillah kondisi detak jantung dan gerakan janin masih bagus. Pesennya cuma musti minum air putih minimal 2L Dan banyak ngemil yang manis2. Akhirnya saya lakuin Dan memang udah did it before gitu ya....Akhirnya aku tambah consume dunkin donuts, es krim baskins robbins 1/2 L. Tiap hari aku bikin milk shake pake es krim & nutrishake. Harapannya sih BBJ bisa nambah.



5 hari kemudian.......,



Hari minggu, 22 Februari 2015 sore2 jam17.00 bangun tidur aku ngeflek. Surprised! Aku pikir saat itu mulai mau bukaan tapi kontraksi belum teratur cuma kenceng2 & mules hilang timbul. Langsung deh aku pake jalan2 muterin rumah sapa tau nambah kontraksi, dan setelah sejam jalan2 keluar flek tambah banyak. Saat itu pikiranku udah gak tenang mau segera cek kondisi, mau nunggu kontraksi teratur buat ke RS dah ga kepikir karena kondisi terakhir air ketuban dikit. Ada kekhawatiran gitu yang gak bisa dijelaskan :(

Di saat harus segera memutuskan buat ke Sardjito atau JIH akhirnya hatiku langsung mantep berangkat ke JIH malam itu, hari minggu 22 Februari 2015 jam 21.00. Berhubung sebelumnya dr. Detty udah pesen buatku ke RS kalo dah kontraksi teratur, jadi gak jelas mo diapain di Sardjito kalo belum apa2 cuma baru flek. Hehehehe... Kuatir disuruh pulang lagi aku langsung mantep rawat ke JIH buat dipantau mengingat kondisi ketuban yang udah dikit. Takut kenapa2 :(. Sampai JIH jam22.00 langsung diterima di IGD lanjut masuk kamar Camelia.

Camelia Room Kelas 1

Disana aku ditangani perawat buat diambil darah, juga NST janin. Lupa jam berapa aku juga dicek VT sama perawat yang ternyata malam itu aku belum bukaan.


Paginya, 23 Feb 2015...
Pagi banget perawat cek VT lagi. Infonya aku bukaan 1. Langsung rasanya dag dig dug gak sabar buat segera jalan2 buat mempercepat pembukaan. Akhirnya abis mandi aku langsung turun bed buat jalan2 mondar-mandir lorong Camelia :))

Lorong Camelia Room, 3rd Floor RS JIH

Waktu itu kondisiku masih biasa, kuat buat jalan2... Ga lama jam 8an perawat manggil buat cek VT lagi. (Uh! Rasanya mules mau dicek VT tuh, huhuhu...)


Singkat cerita, Senin paginya 23 Februari 2015 setelah di USG dr. Enny bilang kalau air ketubanku udah tipis, kalau gak salah indeks ketuban tinggal 3.6 cm. Ya Rabbi :( rasanya speechless.
Sementara untuk persalinan normal minimal indeks ketuban 5 cm :(

Akhirnya dr. Enny mengupayakan untuk bisa normal dan memutuskan aku opname 2 hari dikasih Amnion Infus (kalau g salah istilahnya), harapannya air ketuban bisa nambah dan kehamilan bisa dilanjutkan untuk bisa melahirkan spontan. Dan opname lah aku di Camelia 31xx mulai Senin siang sampai diobservasi USG lagi Rabu pagi 25 Februari 2015....... (to be continued)






April 03, 2015

0 komentar:

Posting Komentar